Karyawan melakukan pembayaran menggunakan QRIS di salah satu merchant kantin karyawan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. (foto ist)

indopostrust.id – Jumlah pemilik usaha atau merchant yang menggunakan layanan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS PT Bank Muamalat Indonesia Tbk meningkat lima kali lipat sepanjang 2023.

Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, Bank Muamalat sebagai QRIS acquirer memfasilitasi nasabah yang memiliki usaha. Khususnya yang bergerak di sektor usaha mikro, kecil dan menengah agar semakin mudah dalam mengelola transaksi pembayaran usahanya.

Per 31 Desember 2023, jumlah merchant QRIS yang terdaftar di Bank Muamalat sebanyak 9.488.

“Secara year on year (yoy), pertumbuhan merchant kami meningkat lebih dari 500%. Pencapaian ini tentu sangat positif dan menunjukkan bahwa kepercayaan nasabah terhadap layanan digital Bank Muamalat sangat tinggi,” ujar Wahyu Avianto, Rabu (7/2/2024).

“Di samping itu, hal ini juga bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah dalam hal akseptasi transaksi non tunai dan pembayaran digital di Tanah Air,” imbuhnya.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah merchant, jumlah transaksi sepanjang 2023 juga ikut meningkat.

Per 31 Desember 2023, jumlah transaksi QRIS Bank Muamalat tercatat sebanyak 2.553.346 kali atau tumbuh lebih dari 470% jika dibandingkan dengan 2022.

Adapun pendapatan berbasis komisi atau Fee Based Income (FBI) yang dihasilkan sepanjang 2023 melonjak 453% (yoy).