KAI Commuter melakukan pemeliharaan sarana Commuter Line berkala secara menyeluruh guna menjamin keselamatan, keandalan, dan kenyamanan pengguna Commuter Line setiap harinya (foto KAI Commuter)
JAKARTA – Menjelang masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025-2026, KAI Commuter memastikan seluruh operasional layanannya dalam kondisi optimal.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, Jumat (31/10) menegaskan berbagai langkah telah dilakukan pengelola Commuter Line untuk mendukung pergerakan masyarakat di masa Nataru.
“KAI Commuter melakukan pemeliharaan sarana Commuter Line berkala secara menyeluruh guna menjamin keselamatan, keandalan, dan kenyamanan pengguna Commuter Line setiap harinya,” kata Karina.
Pasalnya, kegiatan pemeliharaan sarana Commuter Line ini menjadi bagian penting dari upaya menjaga keandalan layanan pada hari kerja maupun pada masa liburan.
“Di wilayah Jabodetabek, seluruh rangkaian KRL Commuter Line kami lakukan pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan secara menyeluruh dan terjadwal,” Karina menjelaskan.
Pada proses pemeriksaan dan perawatan harian untuk keandalan dan kesiapan operasional harian KRL dilakukan di 4 Depo KRL dan 10 tempat Pengawasan Urusan KRL (PUKRL) yang ditempatkan di stabling penyimpanan Commuter Line usai beroperasi tiap harinya.
Sementara itu, untuk tempat pemeliharaan secara preventive periodik atau berkala dan penyiapan cadangan sarana Commuter Line operasional dilakukan di 4 Depo KRL yang berada di wilayah Jabodetabek.
Lebih lanjut, Karina juga menyebutkan, untuk perawatan rutin dan perbaikan ringan Commuter Line Jabodetabek dilakukan di 4 Depo KRL, yaitu Depo KRL Depok, Depo KRL Bogor, Depo KRL Bukit Duri dan Depo KRL Manggarai.
“Di tempat ini dilakukan perawatan secara berkala mulai dari bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, dan 12 bulanan,” ujarnya.
