
foto ist
JAKARTA – Kementerian Perdagangan dan Global Australian Halal Certification (GAHC) membahas peluang kerja sama dalam meningkatkan daya saing produk halal Indonesia di pasar Australia.
Pembahasan ini dilakukan pada audiensi antara Menteri Perdagangan, atau Mendag Busan, dengan GAHC yang berlangsung, Kamis, (23/1) di kantor Kemendag, Jakarta.
“Kemendag membahas peluang kerja sama dengan GAHC untuk meningkatkan daya saing produk halal Indonesia di Australia. Pasar produk halal di Australia tumbuh menjanjikan dan produk halal Indonesia harus mampu bersaing di pasar yang terus berkembang ini,” ujarnya.
“Selain itu, Kemendag terus berkomitmen meningkatkan daya saing produk halal ke pasar Australia sebagai bagian dari upaya mendorong ekspor,” imbuh Mendag Busan.
Dalam pertemuan tersebut, mengemuka upaya peningkatan daya saing produk halal Indonesia ke pasar Australia, melalui tiga cara. Pertama, menyediakan sertifikasi halal berstandar global.
Tujuannya, untuk memperluas akses pasar ekspor. Kedua, meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memenuhi standar halal internasional. Ketiga, mendukung pemasaran produk halal UMKM di Indonesia dan luar negeri.