foto ist
JAKARTA – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) terus berupaya untuk mendorong ekspor produk unggulan Indonesia di sektor modest fashion dan kosmetik halal.
Upaya ini diwujudkan melalui penyelenggaraan kegiatan jejaring bisnis (business networking) yang bertujuan untuk menghubungkan pelaku usaha Indonesia dengan calon mitra internasional yang diwakili oleh perwakilan kedutaan besar dari negara mitra.
Pertemuan ini digelar pada Kamis, (6/11), di sela-sela penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2026, yang berlangsung pada 6–9 November 2025 di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta.
Kegiatan ini menghadirkan enam pelaku usaha asal Indonesia, meliputi Melova Sportswear, Intresse, AM by Anggiasari, Pan Brothers, VAIA, dan ParagonCorp serta perwakilan kedutaan empat negara. Yaitu Pakistan, Iran, Perancis, Nigeria, dan perwakilan Japan External Trade Organization (Jetro).
“Sesi jejaring bisnis ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat posisi Indonesia di pasar global. Melalui kegiatan ini, para eksportir memiliki peluang untuk memamerkan produk unggulan,
memperluas jaringan, dan menjajaki potensi transaksi yang kami harap akan memperkuat kinerja ekspor Indonesia,” ujar Mendag Busan.
Ragam produk unggulan yang menjadi fokus utama dalam kegiatan ini, meliputi modest fashion, garmen, aksesori, alas kaki dan kosmetik halal.
