foto ist
Shanghai – Kementerian Perdagangan RI terus memperkuat penetrasi ekspor ke pasar Tiongkok melalui partisipasi dalam China International Import Expo (CIIE) ke-8 di Shanghai, Tiongkok pada 5—10 November 2025.
CIIE menjadi salah satu platform strategis Indonesia untuk memperluas akses pasar, memperkenalkan produk unggulan nasional, serta memperkuat citra Indonesia sebagai mitra dagang yang andal di kawasan Asia Timur.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Fajarini Puntodewi mengatakan, CIIE menjadi momentum penting untuk memperdalam penetrasi ekspor Indonesia ke pasar Tiongkok yang terus tumbuh dinamis.
“CIIE menjadi salah satu platform penting untuk memperkenalkan keunggulan produk kita secara langsung kepada konsumen dan mitra bisnis Tiongkok,” ujarnya, Sabtu (8/11/2025).
“Melalui Paviliun Indonesia, kami ingin menegaskan produk Indonesia berkualitas tinggi sekaligus mampu mengusung nilai budaya, keberlanjutan, dan inovasi,” imbuh Puntodewi.
Tahun ini, sebanyak 10 perusahaan Indonesia menampilkan beragam produk unggulan ekspor yang memiliki potensi besar menembus pasar Tiongkok. Produk yang ditampilkan termasuk kopi, mi instan, makanan ringan, sarang burung walet, serta produk khas Nusantara lainnya.
