Melalui seminar “#DoITCERDAS: Belajar Strategi Keuangan Untuk Wujudkan Cheetah Cheetah (cita-cita)” di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 25 November 2025, Home Credit mengajak mahasiswa memahami pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak. (foto ist)

 

BANDUNG – PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, kembali menegaskan komitmennya untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, agar generasi muda dapat memahami konsep pembiayaan yang bertanggung jawab serta mengenal manfaat layanan keuangan di tengah aneka tantangan dewasa ini.

Melalui seminar “#DoITCERDAS: Belajar Strategi Keuangan Untuk Wujudkan Cheetah Cheetah (cita-cita)” di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 25 November 2025, Home Credit mengajak mahasiswa memahami pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Home Credit dengan “One Financial Group” yang terdiri dari MUFG Bank Ltd. Jakarta Branch, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), dan PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich). 

Para pembicara dari masing-masing institusi berbagi wawasan praktis untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan finansial yang relevan dan berkelanjutan.

Dalam paparannya, Head of Collection Operations Home Credit Andri Maulana, menekankan bahwa menjaga skor kredit yang sehat adalah fondasi penting untuk masa depan finansial.

“Home Credit berkomitmen untuk mengedukasi generasi muda agar memahami penerapan pembiayaan yang bertanggungjawab di masa depan, yang salah satunya dapat tercermin dari skor kredit. Skor kredit yang baik dapat menciptakan berbagai kesempatan dalam hidup, seperti kesempatan kerja hingga akses pembiayaan,” ujar Andri.

Sesi seminar juga membahas prinsip dasar pengelolaan keuangan, pentingnya menabung, peluang kewirausahaan, serta peran asuransi dalam perlindungan finansial. 

Danamon mengajak peserta memahami prinsip dasar pengelolaan keuangan yang sehat, termasuk membangun kebiasaan menabung secara berkelanjutan.

Abdul Hadi, Sustainability Finance Head Danamon, menjelaskan menabung sejatinya merupakan bentuk gaya hidup karena merupakan kebiasaan yang melibatkan disiplin, perencanaan, dan kontrol pengeluaran untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. 

“Menabung bukan hanya membentuk kebiasaan finansial yang sehat, tetapi juga menciptakan rasa aman terutama saat menghadapi kondisi darurat. Kami berharap tips pengelolaan keuangan yang kami bagikan hari ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa untuk mencapai kemandirian finansial,” ujarnya.

Sementara itu, Handi, Head of Regional SSD Jawa Barat Adira Finance mengatakan, bertepatan dengan HUT ke-35 Adira Finance di bulan November dengan tema ‘Langkah Baru Bersama Sahabat,’ pihaknya ingin hadir mendampingi langkah awal mahasiswa dalam meraih impian mereka. 

”Melalui sesi edukasi ini, kami menegaskan bahwa masa depan dapat dimulai dari banyak cara, dan salah satunya kewirausahaan. Kami percaya generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan solusi yang bernilai dan berkelanjutan. Karena itu, Adira Finance siap menjadi sahabat yang mendorong mereka mengambil langkah pertama dengan keyakinan,” ujar Handi.

Zurich Indonesia menutup rangkaian seminar dengan pembahasan mengenai pentingnya asuransi sebagai perlindungan finansial. 

Head of Brand s Marketing Communications PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Defina Tobing mengatakan, generasi muda adalah pengambil keputusan finansial masa depan. Oleh karena itu, memahami risiko dan memiliki perlindungan yang tepat bukan lagi pilihan, tetapi fondasi untuk mencapai stabilitas hidup. 

“Melalui literasi keuangan seperti ini, Zurich berharap generasi muda dapat semakin percaya diri dalam membuat keputusan keuangan yang bertanggung jawab, untuk menciptakan masa depan finansial yang lebih tenang dan aman,” ujarnya.

Seminar yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unpar ini merupakan seminar kedua yang diselenggarakan oleh Home Credit bersama “One Financial Group”, setelah sebelumnya digelar di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada Desember 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian literasi keuangan #DoITCERDAS yang telah menjangkau lebih dari 17,1 juta orang sepanjang 2025 melalui kegiatan online dan offline.