Imam Sayuti, Komisaris PT KCIC, John Salim, Direktur PT Digital Miles Services, Dwiyana Slamet Riyadi, Presiden Direktur PT KCIC, Rifqi Setiawan, Komisaris PT KCIC, Yang Dong, Direktur Keuangan dan Risiko PT KCIC, Ian Luo, Global Commercial Head for Trains, Trip.com Group, dan Jagatsyah Aminullah, Komisaris PT KCIC. (foto ist)
JAKARTA – Trip.com, salah satu penyedia layanan perjalanan online terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), operator kereta cepat andalan Indonesia; Whoosh, untuk mengintegrasikan penjualan tiket ke platform Trip.com.
Mulai Januari 2026, wisatawan dari seluruh dunia dapat memesan tiket Whoosh secara langsung melalui aplikasi dan situs web Trip.com.
Kolaborasi ini bertujuan untuk menghubungkan wisatawan internasional dengan layanan kereta cepat di Indonesia sekaligus meningkatkan kenyamanan perjalan secara signifikan, khususnya bagi traveler dari target pasar utama, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.
Dalam kolaborasi ini, Trip.com berperan sebagai penyedia layanan terintegrasi yang siap memenuhi seluruh kebutuhan wisatawan saat bepergian, mulai dari tiket kereta cepat hingga tiket pesawat, hotel, atau atraksi wisata lokal.
“Kami bangga dapat bekerja sama dengan KCIC dan memperkenalkan Whoosh kepada wisatawan global, khususnya wisatawan dari Malaysia, yang tidak hanya merupakan pasar utama kami, tetapi juga menjadi wisatawan mancanegara terbanyak yang menggunakan layanan Whoosh,” ujar Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia, Rabu (29/10/2025).
“Sebagai contoh, wisatawan yang merencanakan perjalanan dari Kuala Lumpur kini dapat mengatur penerbangan, penginapan hotel di Jakarta, dan perjalanan kereta cepat ke Bandung dalam satu pemesanan yang praktis dan terintegrasi. Kerja sama ini merupakan bagian penting dari strategi kami untuk menyediakan solusi menyeluruh dan terintegrasi bagi seluruh kebutuhan perjalanan, serta menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia yang luar biasa,” imbuhnya.
Whoosh telah mentransformasi perjalanan antara Jakarta dan Bandung karena mampu menempuh jarak 142 kilometer hanya dalam waktu 45 menit. Popularitasnya kian meroket setelah berhasil melayani lebih dari 6 juta penumpang pada tahun 2024, serta lebih dari 3 juta penumpang pada paruh pertama tahun 2025.
General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa peningkatan transaksi online mencerminkan perubahan perilaku masyarakat yang kini cenderung lebih menyukai penggunaan layanan digital.
Sejalan dengan tren ini, KCIC telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Trip.com untuk memperkuat ekosistem digital Whoosh di berbagai segmen pengguna.
“Pertumbuhan transaksi secara online sebesar 6% menunjukkan bahwa masyarakat semakin nyaman beralih ke sistem digital. Dengan menambahkan saluran pemesanan seperti Trip.com, kami ingin memperluas jangkauan pasar dan membuat layanan Whoosh semakin mudah diakses oleh semua pengguna,” ujar Eva.
