Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mendapatkan penghargaan The 50 Most Innovative CEO Awards 2025 dari Iconomics. Sebelumnya ia juga memperoleh The Best CEO dari Tempo-IDN Financials dan The Best CEO in Herbal Pharmaceutical dari media nasional (foto ist)
JAKARTA – PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk mendapatkan penghargaan dari portal online Iconomics. Yakni The 50 Most Innovative CEO Awards 2025 kepada Direktur Utama Sido Muncul, David Hidayat , dan 3rd Indonesia 20 Most Innovative CFO Awards 2025 kepada Direktur Keuangan Sido Muncul Budiyanto.
Penghargaan diterima oleh Direktur Keuangan Budiyanto yang juga mewakili Dirut David Hidayat yang berhalangan hadir ke Jakarta karena ada kegiatan penting di Semarang.
Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara The Iconomics: The 50 Most Innovative CEO & CFO Awards 2025 yang digelar di Gedung Danapala, Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Kamis (9/10).
Acara ini dihadiri oleh pimpinan perusahaan nasional baik BUMN dan swasta, regulator, dan pakar ekonomi yang menyoroti pentingnya inovasi dan ketahanan korporasi di tengah tantangan ekonomi global.
Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro menerangkan bahwa penghargaan diberikan kepada pemimpin korporasi yang mampu menghadirkan perubahan dan transformasi nyata di perusahaannya, seperti PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang semakin inovatif dan kompetitif serta mampu memberikan kepercayaan publik.
Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas penghargaan yang diberikan tersebut.
“Penghargaan ini hasil kerja keras semua tim kita. Dengan seluruh staf-staf dan karyawan di head office serta di tempat produksi di Pabrik Sido Muncul di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bukan karena saya sebagai CEO sehingga pencapaian dan prestasi didapatkan Sido Muncul. Tapi memang tim bekerja semuanya dengan baik, dengan semangat saling percaya, saling menghargai antara pimpinan dan anak buah sehingga terbentuk suasana kerja yang nyaman. Tentu juga berdampak bagi produktivitas kerja dan hasil kerja yang bisa kita rasakan bersama. Semangat inilah yang membuat kita semua di Sido Muncul adalah keluarga besar. Kesetiaan dan loyalitas kerja menjadi kekuatan Sido Muncul bertahan, berkembang dan maju hingga sekarang,” jelasnya.
Putra bungsu dari 5 bersaudara pasangan Desy Hidayat dan Jahja Hidayat bersama 4 saudaranya yakni Irwan Hidayat, J Sofjan Hidajat, Johan Hidayat, dan Desy Hidayat ini menyatakan bahwa penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh staf dan karyawan, manajemen, dan owner Sido Muncul.
Sebelumnya, Dirut Sido Muncul David Hidayat mendapatkan penghargaan serupa yakni: The Best CEO dari Tempo-IDN Financials dan The Best CEO in Herbal Pharmaceutical dari media nasional.
“Bagi kami, inovasi bukan hanya soal kemampuan teknologi, tetapi keberanian beradaptasi dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat sehingga kepercayaan kepada jamu dan obat herbal akan terus ada sepanjang bangsa dan negeri ini ada,” ujar David.
Di bawah kepemimpinan David Hidayat sebagai CEO Sido Muncul, perusahaan jamu yang kini menjelma menjadi industri obat herbal terbesar dan termodern ini paling disukai konsumen dalam negeri, bahkan mampu menembus pasar dunia dengan terobosan inovasi dan kualitas produk.
Pencapaian ini memperkuat posisi Sido Muncul sebagai perusahaan jamu yang legend ini mampu bertahan di tengah persaingan industri farmasi nasional yang terus berinovasi dan berkontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia.
David juga menyinggung inovasi . menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Pihaknya cukup getol melakukan inovasi produk mengikuti kebutuhan, keinginan dan kesukaan masyarakat untuk tetap sehat dan bugar.
Lebih lanjut David mengatakan, diversifikasi produk yang dilakukan Sido Muncul terbukti menambah cuan.
“Produk SIDO kan sekarang yang ada di pasaran telah mengalami banyak evolusi. Kalau masyarakat lebih mengenal SIDO dengan Tolak Angin dan Kuku Bima, sekarang sudah banyak produk yang dihasilkan Sido Muncul hingga merambah ke industri F&B ” jelas David.
Selain itu distribusi produk juga terus diperkuat. Tidak hanya ke warung atau toko tradisional namun juga ke ritel modern. Hal itu membuat produk Sido Muncul kini mudah dijumpai dan dibeli konsumen dimanapun mereka berada.
Seperti ada di jaringan ritel Indomaret Alfamart, Superindo dan sebagainya. Ini karena SIDO telah digandeng para perusahaan ritel besar sehingga mengefisienkan biaya dan memberikan kepastian supply chain.
“Produk Sido Muncul juga sudah di ekspor ke berbagai negara, di kawasan Asia Tenggara, Afrika Selatan, hingga ke Timur Tengah sehingga penetrasi pasar semakin luas,” jelas David.
Sementara proses penilaian The Iconomics Awards 2025 tersebut melibatkan empat parameter untuk kategori CEO, yaitu popularitas, kompetensi, crisis leadership, dan personality.
Sedangkan kategori CFO dinilai berdasarkan popularitas, citra, layanan, dan kontribusi sosial, yang diukur melalui survei publik di sejumlah kota besar.
Ajang ini juga diikuti berbagai perusahaan besar nasional di bawah Danantara termasuk Bank Mandiri, Indonesia Financial Group (IFG), Pegadaian, Pelni, dan BRI Life.
Sementara Sido Muncul tercatat adalah satu-satunya private sector di sektor industri obat herbal dan farmasi yang terseleksi juri meraih penghargaan di The 50 Most Innovative CEO Awards 2025 untuk Dirut terbaiknya, dan 3rd Indonesia 20 Most Innovative CFO Awards 2025 untuk Direktur Keuangan.
Di bagian lain, Direktur Keuangan Sido Muncul Budiyanto sebagai CFO Awards 2025 juga menilai penghargaan tersebut melambangkan kerja keras dari seluruh tim. Bukan hanya di bidang keuangan ansich, tetapi juga di bagian lainnya di SIDO yang berkontribusi nyata bagi kinerja positif perseroan.
“Seluruh tim Sido Muncul, bekerja keras sama-sama membangun Sido Muncul dari industri rumahan, sampai sekarang bisa dijumpai di lebih dari 30 negara. Dua penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena menunjukkan bahwa inovasi dan kerja sama tim yang solid terus membawa Sido Muncul ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya.

Direktur Keuangan Sido Muncul Budiyanto juga menerima penghargaan 3rd Indonesia 20 Most Innovative CFO Awards 2025 karena kompetitif di tengah tekanan ekonomi domestik maupun global dengan meningkatkan inovasi, efisiensi produksi dan distribusi ke pasar global (Foto ist)
Budiyanto juga menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah kemampuan produk-produk Sido Muncul menembus pasar internasional.
Saat ini, produk Sido Muncul telah dipasarkan di lebih dari 30 negara, menunjukkan kekuatan merek dan kualitas produk herbal Indonesia di kancah global.
“Jadi kebetulan di tahun 2025 ini Sido Muncul pada bulan depan ulang tahun yang ke-74, tepatnya 11 November 2025.Jadi sangat spesial juga kita dapat dua penghargaan sekaligus yakni untuk CEO dan CFO-nya,” ujar alumni Universitas Tarumanegara ini.
Lebih lanjut, Budiyanto menegaskan bahwa inovasi strategis dan penguatan profitabilitas menjadi fokus utama Sido Muncul dalam menghadapi masa depan industri kesehatan dan farmasi yang semakin kompetitif.
“Kami terus berupaya menjaga keseimbangan antara inovasi produk dan efisiensi operasional untuk menciptakan cadangan dana yang kuat dan berkelanjutan,” bebernya.
Melalui penghargaan ini, Sido Muncul menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan inovasi, menjaga keberlanjutan bisnis, dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Pencapaian ini menjadi bukti nyata bahwa perusahaan lokal mampu bersaing dan menjadi inspirasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui inovasi berkelanjutan.
