Wamendag Roro mengunjungi Kahyangan House of Jewelry di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (14/1/2025). foto ist
BALI – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti Widya Putri mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) Bali untuk meningkatkan akses pasarnya melalui pameran. Baik yang diselenggarakan Kemendag maupun ajang pameran yang diselenggarakan berbagai pihak lainnya.
Ia juga berpesan kepada pelaku UMKM Bali untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan hubungan baik dengan buyer sehingga produknya mampu bersaing dan usahanya dapat berkelanjutan.
Demikian disampaikan Wamendag Roro usai mengunjungi Kahyangan House of Jewelry di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (14/1/2025).
“Bagi UMKM, pameran sifatnya penting karena merupakan ajang promosi untuk meningkatkan akses pasar. Kementerian Perdagangan mendukung UKM Bali dalam pameran yang rutin diselenggarakan. Seperti Pangan Nusa, UKM Pangan Award, dan Trade Expo Indonesia. Hal ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan dinas yang membidangi perdagangan setempat. Saya berpesan, tetaplah menjaga kualitas produk dan hubungan baik dengan buyer,” jelas Wamendag Roro.
Pada tahun lalu, Kemendag telah mendorong peningkatan akses pasar bagi UMKM.melalui promosi pada berbagai ajang pameran lainnya, seperti Inacraft, Kriya Nusa, HUT DEKRANAS. Serta Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW).
Pada pameran Mall to Mall dalam rangka program Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Provinsi Banten, Kemendag telah memfasilitasi 96 pelaku usaha. Sementara pada pameran Pangan Nusa, 166 pelaku usaha dan 50 kuliner khas Nusantara juga telah difasilitasi Kemendag.
“Dalam upaya perluasan pasar, Kementerian Perdagangan mengambil langkah-langkah penguatan diplomasi perdagangan internasional. Hal ini termasuk dengan berpartisipasi aktif pada fora internasional, percepatan penyelesaian perundingan perdagangan, dan penyelesaian sengketa dagang,” pungkasnya.
